• home
Home » » CALON PRESIDEN SURINAME 2015-2020 TERNYATA WONG NGAPAK NGAPAK BANYUMAS

CALON PRESIDEN SURINAME 2015-2020 TERNYATA WONG NGAPAK NGAPAK BANYUMAS

Gais, mas bro Raymond Sapoen akhir akhir ini mendadak lagi hangat jadi bahan perbincangan di Indonesia nih. Gak heran juga sih, kalo Bro Raymond jadi perbincangan hangat akhir akhir ini. lha wong dia ternyata adalah keturunane wong Banyumas, Jawa Tengah yang ngapak ngapak itu, dan kini beliau menjadi salah satu calon Presiden di Suriname lho gais. kerena :D


Ki Sapeon, kakek kandung Raymond Sapoen, berasal dari Desa Kanding, Kecamatan Sogamede, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Pada 1928, ia berangkat ke Suriname untuk menjadi kuli kontrak Belanda. Itulah asal usul bagaimana Raymond bisa menjadi warga negara Suriname.

Hal ini membuat heboh warga Indonesia karena ada salah satu keturunan Indonesia yang sukses menjadi politisi di negeri orang. Saat ini, Raymond Sapoen menjabat sebagai Menteri Perdagangan dan Industri Suriname dan menjelang pemilu Mei 2015 mendatang dirinya menjadi salah satu kandidat presiden yang disepakati oleh tujuh partai politik di sana.

Suriname sendiri merupakan negara bekas jajahan Belanda, dimana sekitar 14 persen penduduknya yang berjumlah kurang lebih 490 ribu jiwa tersebut merupakan warga beretnis Jawa. Maka bisa dipastikan, Raymond sangat mengandalkan perolehan suara dari orang-orang Jawa di Suriname. 

Berdasarkan sejarah, masuknya orang Jawa ke Suriname dimulai pada tahun 1890-1916 karena didatangkan oleh Belanda untuk menjadi pekerja di sana. Sehingga tak heran jika di sana etnis Jawa menjadi salah satu etnis terbesar. Selain itu, hingga saat ini bahasa Jawa juga masih digunakan di Suriname.

0 komentar:

Posting Komentar